Wednesday 25 April 2012

Kompres, Install, dan macem-macemnya.. #1

Assalamualaikum.. Okk sudah saatnya kembali sharing tutorial *pake soundtrack Rihanna ft. Calvin Harris & Fatman Scoop - We Found Love \^^/

Okk kali ini saya akan sharing tentang cara kompresi data, instalasi dan beberapa teknik mencari file dalam sistem operasi linux (dengan cara yang dasar tentu saja ^^V).. Dalam hal ini saya menggunakan CentOS 6.2

Okk langsung saja kita mulai \^^/ . Persiapan yang diperlukan adalah siapkan minuman dan camilan seadanya.. Kalo ada coklat juga boleh biar moodnya kebawa enak.. :D


$ gzip -c nama_file > nama_hasil


Kita masuk kedalam bagian kompresi dan dekompresi data. 

Apa sih kompresi data itu?
Menurut situs wikipedia kompresi data adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut. Sedangakan dekompresi data adalah kebalikan dari kompresi data tersebut.

Caranya?
Saat ini saya akan menggunakan gzip (ada banyak macam software kompresi semacam gunzip dan lain-lain, namun pada contoh ini saya menggunakan gzip). Sebagai contoh saya memiliki file bernama password dan saya ingin mengkompresi nya


disini ketika kita ingin melakukan kompresi menggunakan gzip kita harus menambahkan opsi -c . Sehingga perintahnya adalah 

$ gzip -c nama_file > nama_file_kompresi

sebenarnya menggunakan perintah itu saja sudah cukup. Tetapi disini saya menambahkan dengan -v agar saya dapat mengetahui seberapa besar persen data yang dikompresi (lihat warna kuning dan bandingkan besar file nya.)

Bagaimana cara mendekompresinya?
Setelah mendekompresi data jangan bingung bagaimana mengekstrak data dari hasil kompresi tersebut. Tinggal mengganti opsi -c menjadi -d yang berarti dekompresi data. lets see..


jadi perintah untuk mendekompresi data adalah

$ gzip -d nama_file_terkompres

mudah bukan? heheh.. Kalau sudah kita lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu pengarsipan file.

Pengarsipan file? 
Biar mudah dipahami, pengarsipan file adalah  pengumpulan beberapa file menjadi satu atau sebuah file. Nah itu adalah definisi termudah deh pokoknya.. ^^a
Kita langsung saja ke prakteknya langsung daripada berbingung2 ria.. ^^ Semisal saya memiliki 2 buah file bernama coba1 dan coba2.. Nah saya ingin mengarsipkan 2 file ini agar menjadi 1 buah file. Terus bagaimana caranya? Disini saya akan mempraktekkan pengarsipan file menggunakan perintah tar. Cekidot!


Okk.. dengan perintah 
$ tar -cf nama_arsip nama_file1 nama_file2
maka dengan mudah kita dapat membuat sebuah file arsip baru.. :D
kemudian bagaimana caranya mengektrak file yang ada didalamnya? perintahnya adalah

$ tar -xvf nama_arsip

Mudah bukan? siapa bilang linux susah?! hehehe
Untuk tutorial selanjutnya lanjut ke part 2 ya? Sudah ngantuk kalo urusan nulis tutorial di jam segini... hehehe..

Wasslam n pareng.. 

No comments:

Post a Comment