Sunday 4 April 2010

Open Source?

Apa sech open source itu?



mungkin menurut orang awam open source itu ya linux, atau OS yang ga berbayar dan lain - lain. Menurut apa yang saya dengar dan catat saat menghadiri International Conference of Open Source on Higher Education (Icosic) di UNS kemaren, Open Source adalah semua informasi dan apapun itu adalah bebas untuk disebarkan, tak hanya sebatas source code maupun software.

Nah dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan kan? hehe..

Mengapa saat ini sedang digencarkannya produk-produk yang berbasis open source? Well, memang sungguh sangat disayangkan bahwa open source tersebut baru "Booming" di Indonesia seperti sekarang ini.

Open Source ini dimaksudkan agar semua informasi bebas didapatkan dan digunakan tanpa harus melanggar hak intelektual milik orang lain. Hal ini juga bisa mendorong setiap orang untuk berlomba-lomba dalam berkreasi dan lebih produktif dalam menciptakan sesuatu. tak hanya itu saja, dengan menggunakan software open source maka kita juga akan mengurangi pengeluaran untuk membeli software berbayar yang harganya di indonesia sangat selangit untuk dijangkau oleh kalangan bawah. dengan adanya open source ini diharapkan kalangan bawah juga bisa maju untuk melakukan sesuatu seperti kalangan atas yang mampu membeli sebuah software berbayar



Kelebihan open source sendiri adalah dukungan dari komunitas yang memang saya akui sangat membantu user untuk menyelesaikan masalahnya. Sekarang ini memang sedang marak sekali forum yang membahas tentang open source, termasuk Synaptic ini yang dikemudian hari dapat membatu user untuk memulai migrasi dari suatu yang berbayar menuju sebuah kebebasan atau open source.



Mari kita sebarkan semangat menggunaka produk open source dan tidak gunakan produk bajakan lagi.

Free is Freedom


No comments:

Post a Comment