Tuesday 23 March 2010

Repair Grub2 Ubuntu 9.10

"Berawal dari" kumpul-kumpul komunitas Open Source UII, atau yang sering dikenal dengan nama Synaptic-UII. Pada saat itu ada yang nanya, "mas mbenerin grub di ubuntu 9.10 gimana ya?" Dengan sombongnya aku langsung ngomong, "gampang kok, sini aku coba". Dan ternyata setelah hampir 10 menitan ku coba sampe kemringet eh belum bisa-bisa. Pada waktu itu aku baru nyadar, ternyata grub buat si ubuntu 9.10 tuh grub versi terbaru yaitu grub2. Pantes aja waktu aku install grub dengan cara lama tetep aja ga bisa. Ternyata banyak sekali perbedaan antara grub dengan grub2. Mulai dari nama file konfigurasi sampe dengan isi-isinya.Dan setelah dicoba-coba lagi, ternyata berhasil, namun dengan cara yang berbeda 100%. Kira-kira seperti ini hasil dokomentasinya.

* seperti pada langkah repair grub versi sebelumnya, kita tetep gunakan live cd, live usb juga bisa. kalo kemaren aku pake live cd ajah.
* langkah selanjutnya adalah, cari dimana letak partisi linux kita yang boot loadernya hilang.

#sudo su
#fdisk -l

kemudian setelah muncul daftar partisi, cari lah partisi yang ber-system linux. kita ambil contoh /dev/sda1



* mount partisi tersebut ke dalam direktori kita

#mount /dev/sda1 /mnt

* mount direktori /dev dari cd ke dalam /dev/sda1 (yang sudah di mount ke mnt). difungsikan untuk mengkopi semua konfigurasi yang ada pada /dev

#mount --bind /dev /mnt/dev
#chroot /mnt/dev

* kemudian install grub pada /dev/sda nya

#grub-install /dev/sda
#grub-install --recheck /dev/sda

* exit
* reboot

Terdapat beberapa kasus terjadi, setelah repair grub ini, sistem operasi windowsny jadi gak bisa di load, karena location nya salah. Hal ini bisa di handle dengan cara sebagai berikut.

* Setelah grub kembali, pilihlah sistem operasi linux nya.
* Login pada komputer Linux, kemudian edit pada file konfigurasi grub2

#sudo su
#nano /boot/grub/grub.cfg
kemudian pada file tersebut, cari blok script untuk menu windows. kalau sudah ketemu, silahkan berikan tanda pagar pada awal baris yang terdapat keyword
- insmod...
- search --no-floppy....

* reboot kembali, dan rasakan bedanya. hehehe...
* selesai.


Dikutip Dari : agilnotmild goes to blog

No comments:

Post a Comment